Ide Usaha Rumahan Modal Kecil Terbaik di Tahun 2020

Ide Usaha Rumahan Modal Kecil Terbaik di Tahun 2020

Bila anda ingin menjalankan usaha rumahan di tahun 2020 ini, apalagi di masa pandemi covid-19 saat ini, ini adalah ide yang sangat tepat. Tentu anda sedang berpikir bagaimana cara usaha rumahan atau bisnis rumahan yang menguntungkan, modalnya kecil, dan cocok / bagus untuk pemula.

Syukur usaha kecil rumahan atau bisnis rumahan tersebut bisa dijalankan di kampung atau di desa, mengingat sekarang ini banyak terjadi PHK di perusahaan besar di kota.

Seringkali untuk memulai sebuah usaha kita terkendala masalah modal.  Padahal bisnis rumahan itu tidak selalu membutuhkan modal besar, banyak bisnis rumahan yang bisa dimulai dengan modal yang kecil.

Apakagi di jaman teknologi digital sekarang ini, untuk memulai usaha, modal usahanya kecil. Bisa dengan modal kecil, yakni dengan modal Rp 300 ribu, 500 ribu, atau 1 juta rupiah serta modal sebuah hape / gadget android yang cukup mumpuni.

Walaupun modalnya kecil, namun potensi keuntungannya besar, bahkan menjanjikan jika kita mau tekun dan serius.

Inilah ide usaha rumahan tersebut :

Jualan sayur secara online

Situasi pandemi karena covid-19 membuat orang banyak beraktifitas di rumah, begitu pula dengan ibu-ibu rumah tangga atau emak-emak, mereka ini takut pergi ke pasar. Penyebabnya adalah menghindari kerumunan orang. Yang kedua adalah menghindari over-budget. Seringkali kalau emak-emak belanja ke pasar tradisional, belanjanya tidak terkontrol.

Tidak terkontrolnya karena di pasar tradisional menyajikan berbagai jenis sayuran, bahan makanan pokok, dan jajajan yang lengkap & variatif. Apa saja ingin dibeli. Jadinya over-budget, yang tadinya tidak ada dalam daftar belanja, malah masuk dalam keranjang. Akhirnya yang masuk dalam daftar belanja ada yang tidak terbeli.

Kondisi seperti itulah yang menjadi momok emak-emak muda saat ini 🙂 dan ini adalah sebuah peluang usaha bagi kita. Dan usaha ini cocok dijalankan di setiap kota, walau hanya sebatas kota kecil, kota kecamatan misalnya.

Walaupun ide jualan sayuran secara online ini kelihatannya sepele, namun dari hasil survey dan pengamatan di lapangan, keuntungannya bisa mencapai 30%.

Berikut tips memulai usaha jualan sayur secara online :

PERENCANAAN MODAL

Tentukan modal awal. Untuk usaha menjual sayuran secara online ini, modal Rp 1 juta sudah cukup leluasa. Modal ini digunakan untuk stok awal sayuran. Stok sayuran jangan terlalu banyak, karena sayuran ini mudah busuk. Jadi, kita hanya men-stok sayuran sesuai pesanan saja.

PERENCANAAN TEAM

Untuk memulai usaha jualan sayuran online ini, kita membutuhkan team dan kerja team. Pada awalnya bisa dikerjakan sendiri. Namun ketika order sudah banyak, anda pasti akan kerepotan dan kewalahan.

Team yang dibutuhkan adalah :

  1. Bagian belanja sayuran
  2. Bagian pengantaran sayuran (delivery)
  3. Bagian CS (customer service)

1. Team Belanja

Untuk bagian belanja sayuran bisa anda pegang sendiri, karena anda sebagai owner (pemilik usaha) yang memegang kontrol atas usaha anda.

2. Team Pengantaran Sayuran (delivery)

Mungkin anda bertanya, kenapa kita tidak menggunakan jasa pengiriman dari Go-send atau Grab-send saja? Padahal opsi ini adalah opsi paling praktis.

Pertama, layanan pengiriman tersebut bisa jadi belum tersedia di kota-kota kecil. Yang keduanya adalah untuk menghemat biaya (cost).

Kita tahu, semenjak startup berhenti melakukan aksi bakar-bakar uang, promo-promo biaya pengiriman juga dicabut. Mereka sekarang fokus mengejar keuntungan. Ditambah lagi ada regulasi dari pemerintah, mengenai ketentuan atau pemberlakuan tarif minimal.

Jadi, biaya kirim barang di bawah Rp 10.000 sudah tidak ada. Rata-rata mereka mematok diatas Rp 10.000 per pengiriman.

Tentu biaya kirim tersebut hitungannya tidak masuk (tidak relevan) lagi.

Dengan memiliki team delivery sendiri, kita bisa menekan biaya pengiriman, ditambah lagi masih ada sisa pemasukan untuk membayar gaji karyawan bagian pengiriman.

Lalu bagaimana hitung-hitungannya sehingga dengan biaya kirim yang murah, kita tetap bisa menggaji karyawan bagian delivery secara layak?

Untuk gaji bagian pengiriman saat anda memulai usaha jualan sayuran online bisa diberikan gaji Rp 1jt – 1,5 jt. Bila pesanan sudah ramai anda bisa menambahkan uang tambahan untuk biaya perawatan kendaraan.

Kita lanjutkan di artikel berikutnya ya. Tetap stay tune disini, di website ini. Karena masih ada tips-tips yang perlu anda tahu lebih lanjut.

 

Photo credit :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *