4 KUNCI SUKSES USAHA KULINER AGAR LARIS MANIS

4 KUNCI SUKSES USAHA KULINER AGAR LARIS MANIS

Inilah 4 kunci sukses bisnis kuliner agar usaha kuliner laris manis. Artikel ini sangat bisa membantu anda untuk memulai usaha kuliner rumahan, juga sebagai inspirasi usaha kuliner di desa dengan modal kecil.

Bisa juga dikembangkan sebagai usaha kuliner online kekinian tanpa membutuhkan modal besar.

RUMUS SUKSES USAHA KULINER

Empat kunci sukses usaha kuliner ini adalah rumusan dari pengamatan versi saya sebagai konsumen dan versi saya sebagai pelaku usaha atau pernah menjalankan usaha kuliner.

Versi sebagai konsumen adalah dari behaviour saya dan keluarga dalam mengkonsumsi produk kuliner favorit.

Versi sebagai pelaku usaha adalah saya pernah menjalankan usaha kuliner model gerobak. Yaitu Burger dan Singkong Goreng Renyah.

Walau usaha tersebut tidak diteruskan karena faktor X, namun di kedua usaha tersebut saya tidak rugi, karena dalam 3 bulan sudah balik modal (ROI) plus keuntungan di 3 bulan berikutnya.

Dan sebenarnya masih ada kekuatan untuk buka usaha kuliner lagi. Namun karena ingin fokus di usaha pokok dan ingin membesarkannya, usaha kuliner tsb saya tutup dulu.

Inilah rumus atau sukses bisnis kuliner, rumusnya yaitu :

  1. Enak
  2. Murah
  3. Wareg (kenyang)
  4. Bersih

ENAK

Menu kuliner enak itu adalah WAJIB. ย Dan ini menjadi poin utama usaha kuliner. Kalau di gigitan pertama sudah tidak enak, konsumen akan mikir untuk kembali lagi.

Enak itu ngangenin. Enak akan mendorong orang untuk membeli lagi.

Misal di suatu kondisi, perut kita cukup kenyang, tapi karena kepengin atau kangen, akhrinya muncul juga dorongan untuk membeli.

MURAH

Murah di sini maksudnya adalah; di saat produk kuliner sudah ngangenin, namun konsumen tidak punya cukup uang, dia masih bisa membeli produk kuliner tsb. Di setiap kondisi bisa terbeli.

Harga murah itu memang relatif, karena murahnya orang berduit dan tidak punya duit itu beda. Murah versi disini adalah murah versi standar masyarakat umum. Murah versi konsumen kaki lima bukan murah versi golongan menengah atas.

WAREG ATAU KENYANG

Kenyang disini adalah porsi atau size yang bikin kenyang di perut. Kenyang ini long time. Sehingga membuat konsumen bahagia ๐Ÿ™‚

BERSIH

Kebersihan adalah pon penting untuk menunjang kesuksesan usaha kuliner.

Pastikan alat masak, tempat masak dan si tukang masak selalu dalam keaadaan bersih dan higienis. Kalau perlu posting di sosial media foto dapur dan kokinya ๐Ÿ™‚

Karena di saat pandemi seperti ini orang makin aware dengan kesehatan. Jorok akan membuat orang enggan untuk beli.

DONE IS BETTER THAN PERFECT

Kalau anda sudah punya modal bisa memasak dengan enak, lebih baik segera dimulai/dibuka..

Jangan tunggu sampai keadaan sempurna, misal piring, sendok dan interior harus yang lux, meja kursi harus yang mahal, dan sebagainya.

Semua itu bisa dilengkapi dan disempurnakan sambil jalan.

Yang penting adalah anda repot atau capek karena banyak konsumen antri, daripada repot karena tidak kunjung ada pembeli.

Sebab ada case, saudara sendiri sudah keluar uang lebih dari 30 juta rupiah, usahanya tidak jalan.

Faktor kesalahannya adalah di awal usaha. Dia ini inginnya warungnya sempurna, sehingga pengeluaran untuk sewa tempat dan perkakas banyak.

Keduanya adalah salah lokasi dan ketiganya adalah manajemen keuangan yang buruk.

Kini usahanya mandek, karena sepi pembeli dan cash flow minus. Bahasa kitanya duit habis dan tekor.

Di sisi lain, ada tetangga yang buka usaha kuliner langsung laris, walau dengan bangunan warung tidak mentereng atau keren seperti resto.

Bahkan material warungnya banyak diambil dari bahan bekas layak pakai dari eks warung kuliner yang sudah tutup.

Makanannya memang enak, harganya terjangkau sekali, bikin kenyang dan lokasinya memang tepat/strategis, sehingga usaha warung kulinernya ini laris.

DISCLAIMER

Case di atas adalah case usaha kuliner sederhana versi kaki lima. Bukan case usaha yang memang sudah tersistem dan memiliki jaringan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *