2 Jurus Cepat Cara Mencari Uang di Internet untuk Pemula

Cara Mencari Uang di Internet untuk Pemula secara Mudah

Saya yakin, anda mengunjungi halaman ini karena sedang mencari peluang bagaimana cara mendapatkan uang di internet. Biasanya untuk pemula adalah bagaimana caranya agar bisa mencari uang di internet lewat hp android, dengan cara gratis dan mudah.

Siapa sih yang tidak mau gratisan … 🙂

Berikut tips cara mencari uang di internet untuk pemula yang perlu anda tahu :

Cara Mencari Uang di Internet untuk Pemula dengan Mudah

Untuk pemula, rata-rata masih bingung bagaimana cara mencari uang di internet. Disini akan diinfokan cara mencari uang di internet intuk pemula dengan mudah. Jaminan mudah 100% tidak, dasar minimal yang perlu dikuasai adalah menemukan produk yang tepat untuk dijual.

Jenis produk di internet

Jenis produk di internet terbagi menjadi dua, yaitu produk fisik dan produk digital. Untuk pemula, yang paling mudah adalah menjual produk fisik, seperti produk fashion, produk kecantikan, produk alat rumah tangga, dan sebagainya.

Peralatan tempur untuk mencari uang di internet

Peralatan tempur untuk mencari uang di internet hanya ada 3 macam, yaitu

  • Kuota internet
  • HP Android
  • Laptop / personal komputer

Laptop atau personal komputer itu tidak wajib, tapi akan lebih nyaman untuk bekerja jika anda memilikinya.

Kalau belum punya pun tidak masalah. Dan bukan sebuah halangan untuk mulai menghasilkan uang dari internet.

Cara mencari produk untuk dijual di internet dengan mudah

Ada 2 cara mudah mencari produk untuk dijual di internet, yakni mencari produk milik teman dan mencari produk di marketplace.

Produk teman

Disini cara paling mudah mencari produk adalah menjualkan produk teman. Coba diperhatikan teman-teman di sekitar anda yang menjual dan memproduksi suatu barang.

Kalau sudah ketemu, hubungi teman tersebut untuk ikut membantu menjualkan. Tanyakan kepada kepada teman anda, apakah bisa ada potongan harga untuk reseller, atau harga untuk dijual kembali.

Produk di marketplace

Banyak produk dijual marketplace, ada ribuan item produk yang dijual disana. Cara paling mudah memilih produk di marketplace adalah mencari jenis  produk yang paling banyak laku. Kita bisa memfilter produk apa yang paling banyak terjual disana.

Setelah menemukan produknya, pilihlah supplier yang terpercaya, yaitu dengan melihat rating  atau komentar dari pembeli produk mereka. Juga dengan memperhatikan apakah suppler tersebut responsif ketika dichat.

Cara memasarkan produk di internet

Dalam misi mencari uang di internet dengan mudah untuk pemula ini, ada rekomendasi jalur pemasaran  yang mudah.

Yaitu :

  1. Memasarkan produk via Facebook Marketplace
  2. Memasarkan produk di situs marketplace.

 

1. Memasarkan produk via Facebook Marketplace

Halaman Facebook Marketplace

Facebook marketplace atau disingkat FBM, berdasarkan pengalaman saya menjual, adalah tempat paling seksi untuk mendapatkan penghasilan dari internet untuk pemula.

Berikut keuntungan menjual produk di FBM :

  1. Potensi belinya besar, yang beli orang-orang sekitar kita. Kemudahan sistem COD adalah satu faktornya, bisa juga pembelinya datang langsung ke lapak kita.

Tipikal pembeli online di Indonesia itu adalah masih belum puas kalau tidak melihat dan memegang produknya secara langsung.

  1. Potensi pasar lumayan. Kalau di area saya, bisa menjangkau area barlingmascakeb yaitu Banjarnegara, Banyumas, Cilacap dan Kebumen.
  2. Tidak ada yang nyosor jualan (sabotase jualan) seperti yang pernah terjadi di grup-grup jualan. Karena lewat FBM calon pembeli akan inbox langsung kepada kita, tidak open order via komentar.

Open order di komentar ternyata sangat membahayakan status orderan produk kita.

  1. Jika kita serius jualannya, FBM ini bisa menaikan reputasi brand toko/lapak kita.

 

Kalau sedang mengunjungi halaman FBM,  saya sering menyimpan produk-produk bagus di sekitar yang sekiranya menarik untuk dibeli. Intinya ada ketertarikan tapi belum ada kebutuhan (wishlist) 🙂

Ini link info cara jualan di FBM : Facebook Marketplace.

 

2. Memasarkan produk via Situs Marketplace

Menjual atau memasarkan produk via marketplace adalah cara yang paling banyak digunakan oleh seller di Indonesia.

Kita langsung bisa berjualan di marketplace dan menjualnya langsung kepada pengunjung di situs marketplace tersebut.

Bisa juga kita mengambil produk di satu marketplace dan menjual di marketpalce lain, ini namanya menjual secara cross platform. Dan ini sah-sah saja.

Setiap marketplace punya segmentasi penggunanya masing-masing. Ada pengguna level bawah, level menengah dan pengguna level atas.

Tentu disini anda sudah paham ya teknisnya?

Ambil produk di satu marketplace, kemudian menjual di marketplace lain dengan harga lebih tinggi. Misal, ambil produk di shopee, kemudia menjual produknya di Lazada.

Cara paling mudah cross platform adalah di Tokopedia. Karena di Tokopedia sudah tersedia fitur dropship.

Kita bisa membeli barang di Tokopedia lalu mengirimkannya ke alamat orang lain, yakni alamat pembeli produk kita.

8 tips menjual di situs marketplace untuk pemain dropship (dropshipper)

1. Menentukan Harga Jual

Di awal, jangan menaikan harga terlalu tinggi cukup 10-30%. Lakukan selama 1-3 bulan, tujuannya adalah untuk manaikan reputasi toko dan reputasi produk.

2. Edit Gambar

Editlah gambar dari supplier agar produk kita terlihat berbeda dari yang lain dan eksklusif. Gambar yang bagus adalah aset utama toko online. Ini seperti etalase produk di toko offline. Untuk lebih meyakinkan, sediakan pula foto real pict, yakni foto sesungguhnya atau bukan hasil editan.

3. Buat tulisan pada gambar

Selain tampilan produk yang menarik, kita bisa juga membuat tulisan di gambar dengan tulisan yang menunjukkan kelebihan produk tersebut, misalnya payung, buat tulisan : kerangka kokoh, bahan tebal dan tidak mudah sobek, misalnya.

Dengan menambah tulisan pada gambar, hal ini bisa memicu orang untuk mengklik produk kita. Karena kita tahu, di marketplace banyak saingan kita dengan jenis produk yang sama. Upload minimal 3 produk.

4. Deskripsi Produk

Selain fitur produk, tulis juga benefit atau manfaat produk. Semakin detil, semakin memberi banyak manfaat akan semakin bagus. Karena intinya orang membeli manfaat dari produk yang dibelinya.

5. Video Produk

Prosentase orang tertarik dengan melihat video produk sangat besar. Selain sebagai penarik calon pembeli, video sangat bagus menaikan SERP produk kita di pencarian Google.Video bisa diambil dari Youtube, atau upload sendiri video kita di Youtube.

Cara paling gampang membuat video produk adalah dengan membuat video slide dari foto-foto produk kita dengan menggunakan aplikasi Power Point.

6. Jumlah Produk Upload

Upload produk paling tidak 100 produk. Dengan upload produk sebanyak itu, toko kota mudah ditemukan oleh calon pembeli.

Pengalaman saya, ketika jumlah produk masih minim, tidak ada yang menanyakan lewat chat.

Kalau chat saja tidak ada, boro-boro mau beli.

Jumlah minimal 100 produk akan memudahkan toko kita naik menjadi star seller / power merchant. Dengan status power merchant atau star seller, pembeli lebih percaya bertransaksi dengan kita.

Tips upload produk :

  • Upload 10-30 produk yang modalnya dibawah 30 ribu
  • Upload minimal 50 produk yang harga modalnya Rp 30 – 50 ribu

Tujuan menjual produk murah adalah untuk menaikan trafik, karena produk murah lebih mudah untuk terjual.

Teknik ini dinamakan mixing product, yakni mencampur produk yang harganya mahal dengan produk-produk yang harganya murah.

7. Lakukan upload produk secara manual

Upload manual akan memberikan sentuhan pada gambar produk dan deskripsi produk lebih detail. Ini memberikan kesan bahwa kita serius mengurus toko atau lapak kita.

8. Jawab chat dengan responsif

Jika orang sudah mau chat, berarti 50% dia sudah tertarik dengan produk kita. Jangan sepelekan chat yang masuk. Jawab chat selekas mungkin. Usahakan setiap chat harus menghasilkan penjualan atau closing.

Penutup

Itulah 2 jurus cepat bagaimana cara mencari uang di internet dengan mudah untuk pemula.

Cara menjualnya gratis semua. Karena fitur facebook marketplace dan buka toko di situs marketplace juga gratis.

Cara pertama yakni FBM bisa menjadi saluran pemasaran efektif ketika anda mengembangkan usaha rumahan. Cara kedua, situs marketplace bisa digunakan ketika anda mempunyai banyak produk, baik produk sendiri maupun produk orang lain yang dipasarkan secara dropship.

Intinya adalah poles sebagus mungkin tampilan toko (lapak) anda, polesannya adalah pada foto produk dan dekripsi produk.

Modal pemula untuk mencari uang di internet juga kecil, yakni membeli kuota internet dan meluangkan waktu untuk mengedit foto-foto produk dan membuat deskripsi produk yang menarik.

 

———————

Photo credit : Photo by Brooke Lark on Unsplash

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *